Banyu Anjlok : Keindahan di balik Bukit

By SiRanselPena - 11:40 PM

Pantai dengan pasir coklat ini diiringi oleh derasnya air terjun

Saat libur panjang

Tak ada salah
Mencoba hal yang baru
Seperti pergi ke surga tersembunyi.

Sekilas tentang Pantai Banyu Anjlok

Salah satu dari sekian banyak libur panjang, seorang teman yang notabene mempunyai keluarga di daerah Dampit Malang selatan mengajak kami untuk menelusuri keindahan alamnya. Berangkat pukul 5 pagi kami tiba di dampit sekitar pukul 10.00 karena banyak nya halangan rintangan hehehe. Kami pikir, dari  daerah Dampit perjalanan akan sedikit lengang. Tapi jangan senang dulu, karena real adventure is begun. Dari Dampit kami meneruskan perjalanan dari padat penduduk, jalan batu, sampai kebun warga dengan jalan beton sebesar jalan tapak di taman. Sedikit berbagi pengalaman pertama kami ya teman teman.
jalanan setapak ini yang meenghantarkan kami ke Banyu Anjlok
Jalanan bebatuan yang kami lewati
Keesokan harinya, setelah sarapan dan mandi bebek, kami melanjutkan perjalanan ke sebuah lokasi yang masih jarang untuk di jamah mengingat lokasi yang sedikit susah. Yaaa Air Terjun serta Pantai  Banyu Anjlok. Motor matic kami berganti motor trail.
Keseruan baru karena jalan menyusuri kebun naik turun. Yang justru tantangan ada pada jalan nya, karena kami melewati sungai, bahkan susur tebing yang sebelahnya adalah jurang langsung laut lepasss.

Setelah kurang lebih 2 jam menahan nafas dan haru, pintu masuk Banyu Anjlok kita hanya membayar retribusi parkir sebesar Rp. 5000,- saja. Tapi jangan senang dulu kawan, karena kami harus berjalan menuruni bukit dan membelah sungai untuk bisa menikmati keindahan tersembunyi Banyu Anjlok., salah satu keunikan dari pantai ini adalah kami disuguhi pantai plus air terjun yang begitu sejuk sisi lainnya diatas air terjun ini terdapat cekungan sungai yang cukup dalam sehinggan yang tidak ahli berenang di rekomendasikan untuk bermain di bibir cekungan sungai saja.Setelah susur sungai, ada kamar ganti dan penitipan barang kira - kira sebesar Rp. 7000-10.000 saja.
Setelah berganti kostum, didepan kami adalah cekungan sungai dan berbatasan dengan air terjun dan dibawah adalah pantai.
Cekungan sungai diatas air terjun

bebatuan sungai saat kami harus tracking menuju pantai serta air terjun
Kagum dan takjub pasti, air tawar bertemu dengan air asin. Puas berenang dan selfie kami menuruni bukit batu dengan hanya bantuan tali yang dipasang warga. Ingat harus hati -hati ya mengingat licin dan terjal. Setelah beradu ketangkasan, kami pun berhasil menyentuh bibir pantai berpasir putih tersebut. Selain pantai kita juga bisa bermain di bawah air terjun yang mengalir dari sungai di atas tadi.
tracking setelah bebatuan hanya mengandalkan Tali

Dari pantai Banyu Anjlok, pengunjung juga bisa menyebrang dengan perahu yang disewakan ke pantai Bolu -bolu sebesar Rp. 50.000 per orang, tapi dikarenakan ombak besar, maka kami menikmati banyu anjlok yang tak kalah indah.
Sungguh puas akan nikmat pemandangan dan indahnya pantai banyu anjlok, surga tersembunyi di malang selatan. oh iya saat mengunjungi ini kami mendapatkan bonus view sebuah pantai yang jarang dikunjungi oleh orang, uniknya pantai ini dinamakan Pantai Perawan.
Special thanks to : mb dhewy, mas bayu, mas dani dkk