Menelusuri Jejak Semanggi (1)

By SiRanselPena - 10:20 PM

Semanggi suroboyo, lontong balap wonokromo

di makan enak sekali, sayur semanggi krupuk puli
bung… mari....

ini nich makanan paling enak dan favorit kami, "Pecel Semanggi Suroboyo"
Sepenggal lirik lagu keroncong mengawali perburuan kami tentang salah satu makanan khas Surabaya yang sudah tersohor namun sudah jarang ditemui di beberapa wilayah surabaya, Semanggi Suroboyo atau pecel semanggi. Panganan berbahan dasar daun semanggi, kangkung, kecambah, dengan alas daun pisang diguyur dengan lezatnya saus perpaduan kacang dengan ubi jalar serta ditutup dengan kerupuk puli besar. Pasti sudah ngilerrr duluan, eitss simak dulu perburuan kami menyusuri semanggi ini yaa.
Hamparan Daun Semanggi dari dekat dengan lekukan ciri khasnya  
Persawahan semanggi satu dari sekian yang kami jumpai ada di daerah Klakahrejo dekat dengan Sememi Surabaya. Disana penjual semanggi memetik daunnya untuk kemudian direbus dan dipadu padankan dengan sayur lainnya. Bumbunya perpaduan ubi jalar, gula merah, dan kacang menjadikan rasa dari bumbu nya berbeda dan cenderung manis, tidak hanya itu saja biasanya semanggi dilengkapi dengan sambal terasi yang pedas dan kerupuk puli yaitu kerupuk yang terbuat dari beras. Uniknya lagi ada pada penjual yang menggunakan bakul besar yang di gendong dengan seutas jarik atau selendang.

Memang di daerah Klakahrejo warga banyak yang menjadi penjual semanggi, pada hari minggu subuh mereka sengaja naik angkutan umum untuk pergi ke tempat ramai salah satunya Taman Bungkul dan Tugu Pahlawan. Kebetulan kami menjumpai salah satu penjual semanggi dari sememi di tugu pahlawan. Mereka menjajahkan semanggi dengan harga Rp.5.000-8.000 saja untuk satu pincuk semanggi.
Ibu-ibu penjual Pecel Semanggi dengan ciri khasnya dedaunan pisang

Untuk di daerah Tugu Pahlawan, bisa di jumpai pada pinggir jalan belakang Gedung Bank Indonesia yang letak nya di belakang Tugu Pahlawan. Untuk makanan khas Surabaya yang sudah mulai jarang ini, tak ada salahnya kamu mencoba yaa. Tentunya sehat dan ringan untuk sarapan pagimu. 
Taraaa.... inilah penampakan Pecel Semanggi
 Setelah mencari informasi adanya sawah semanggi, Siranselpena berhasil mengabadikan persawahan itu dari proses tanam sampai pemetikan semanggi juga berhasil mewawancarai salah satu petani semanggi. Mau tau serunya blusukan kami? Stay tuned on www.siranselpena.com guys
nich.. bocoran hamparan sawah semanggi ppssssttt.....


  • Share:

You Might Also Like

5 komentar

  1. kak besok ajakin kesini donks :3

    BalasHapus
  2. Ayo kak hehehe kita siap antar asal minggu bangun pagi yaa hehehehe

    BalasHapus
  3. pengin nyicip kakkk.... ajakin kesanalaaah :3

    BalasHapus
  4. Itu daun semangginya bisa dibeli ssendiri.. diolah sendiri?

    BalasHapus