Perpaduan Garis Pantai itu bernama Batu Bengkung

By SiRanselPena - 12:24 PM

Sebuah perjalanan
Yang tak akan mencapai batas
Pantai adalah jiwa
Dari mu yang tak pernah hilang

 Khas nya pantai ini ombak yang besar dipecah oleh barisan karang di sepanjang pesisir 

Tanggal merah berderet di bulan maret, hari pertama adalah susur pantai dan jalur lintas selatan yang masih di percantik lagi. Waktu menunjukkan pukul 5.00 WIB saat kami bertolak ke sebuah pantai di selatan malang, namanya pantai batu bengkung. Rute nya menuju Malang dan arah ke turen setelah dari turen ikuti arah ke Sendang Biru. Pukul 7.30 WIB kami sampai di Turen Malang, sejenak mengisi perut dan energi sebelum memulai petualangan berikutnya.

JLS yang proses pembuatan jalan ini membelah bukit-bukit sehingga terjadi kontroversi

Hal yang baru bagi kami adalah melewati jalur lintas selatan yang terkenal dan juga kontroversi itu. Karena sebagian jalan masih proses aspal, kami melewati jalan tanah basah bekas cumbuan rinai hujan. Tak berapa lama kami melewati sendang biru. Jalan tampaknya masih lurus dan enggan untuk berlabuh, jalur lintas selatan sekilas tampak membelah bukit sehingga kanan kiri tanah dan tebing tinggi, juga banyak ladang warga hingga hutan jati.

Suguhan pertama saat memasuki area Pantai Batu Bengkung

Tak ayal panas khas pantai dan bau nya menyeruak, kita juga melewati deretan garis pantai:
1. Pantai Sendiki
2. Pantai Bajul Mati
3. Pantai Goa Cina
yang harus masuk lagi lebih dalam untuk mengulik. Jalan yang sepi, tak banyak rumah warga menjadi pemandangan kami. Setelah itu kami membelah sungai dengan jembatan lengkung yang menghubungkan Sendang Biru hingga Balekambang. 
Jembatan Lengkung
Setelah itu anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai sepanjang jalan, diantara nya pantai Jaelangkung, Pantai Parang Dowo dsb, sungguh indah nan cantik. Langit yang berwarna biru bak di cat, menyihir mata kami hingga landmark Batu Bengkung menjadi penanda sampai nya perjalanan kami, setelah parkir motor dan jalan sebentar, kami sampai di Batu Bengkung
Landmark Depan sebagai penanda memasuki kawasan Pantai Batu Bengkung

. Khas nya pantai ini ombak yang besar dipecah oleh barisan karang di sepanjang pesisir sehingga ombak besar tidak langsung menabrak kami. Tapi bukan kami tidak bisa menikmati air laut, justru tembok karang tersebut mengunci air laut dan menghasilkan kolam air laut tenang karena notabene nya ombak di pantai ini cukup ganas. Jika dilakukan dengan hati-hati kita bisa memanjat dinding karang tersebut dan melihat langsung laut lepas batu bengkung.

Di pantai Batu Bengkung ini selain dapat mandi air kolam asin, disini juga bisa untuk camping cantik. Dan disini juga sudah banyak warung yang menjajahkan aneka makanan dan minuman, serta kamar mandi air payau pun cukup bersih hanya dengan membayar seikhlasnya saja. Bila kamu beruntung, ada penjual durian hasil kebun yang tentu nya manis dan dengan harga yang sangat terjangkau.
Sepanjang Jalan Garis Pantai

Puas menikmati Batu Bengkung tak menyurutkan niat kami untuk kembali kesini, pada liburan berikutnya. Tak luput juga dari lensa kami yaitu tempat sampah yang sudah disediakan oleh penduduk setempat tapi sayang sekali masih banyak wisatawan yang kurang peduli dengan lingkungan sehingga masih sering ditemukan sampah2 yang di buang sembarangan baik di kolam tenangnya maupun di bibir -bibir pantai. Pesan kami hanya satu "Jangan lupa jaga kebersihan dan buang sampah pada tempatnya akan membantu menjaga kelestarian alam kita agar anak cucu kita dapat menikmati atas ciptaanNya". Jadi mau berenang cantik, atau camping nih yang kamu pilih?
Special thanks to dhewy and dhesy

  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. Kak, Dhewy dan Dhesy itu kembar? Tinggal di Malang kan mereka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak dhewy itu dhewy bpjs itu lho kak ayun tinggal di sby jg kalo kak dhesy itu tmn sekamar nya kak dhewy hihihi

      Hapus
  2. 😍😍 garis karang belakang pantai semacam laguna alami juga yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups bener bgt kaka pitik, jadi semacam laguna pribadi

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Batu Bengkung.. Hanya sempat lewat, belum terjajah jejak kakiku. Semoga lain kesempatan bisa kesana. Malang masih menyimpan banyak misteri.

    Www.sijambrong.blogspot.com

    BalasHapus