Sumber Maron : River tubing di sebuah surga pedesaan Malang

Kau hadir
Laksana oase di hati
Area River Tubbing serta Air Terjun (kecil) Sumber Maroon

Hari ini hari ke dua libur panjang kami. Setelah sehari sebelumnya kami bertolak ke malang selatan, hari ini kami ingin mencoba berendam dan river tubing di suatu tempat bernama 'Sumber Maron'. Berada di gondang legi malang, kami pun bertolak kesana. Jarak tempuh dari KarangPloso hingga ke lokasi kami tempuh kira-kira 2 jam lamanya. Mengingat tenaga kami habis pada hari pertama, pada lokasi kedua ini jalannya cukup santai.
Sepanjang perjalanan ke arah "Sumber Maron" kalian akan menemukan hamparan sawah padi
Setelah melewati stadion kanjuruhan dan bertanya ke warga sekitar, tibalah kami di sumber maron. Jarak antara parkir luar dan lokasi sekitar 5 menit jalan kaki. Pemandangan sawah hijau menyapa kami, dan setelah menyebrang sungai kecil dan menuruni anak tangga, kita dapat melihat pemandian sumber maron tersebut. Air yang begitu bening tampak dari atas.
Disepanjang pemandian sampai area persawahan dapat ditemui warung yang menjajah makanan dan kamar mandi serta penitipan barang. Karena kami masih penasaran dengan sungai dan air terjunnya, kami berjalan terus sampai tiba pada air terjun dan sungai yang cukup deras.
Petunjuk pertama Wisata Sumber Maron
Petunjuk kedua Wisata Sumber Maron
Setelah berganti kostum dan menitipkan barang, kami menyewa ban truk besar untuk bermain River tubing yang bisa kita sewa dengan harga Rp. 5.000,- sampai jam 5 sore karena jam 5 para pedagang sudah tutup. Meskipun air sungai cukup dangkal tetapi arus air nya deras dan banyak bebatuan serta jeram yang bisa saja membalik ban kami.

View yang bisa kalian temukan saat sebelum memasuki Area river tubing Sumber Maron
Puas berselfie dan bermain jeram, kami pindah haluan ke kolam di depan tadi. Setelah sampai air kolam benar-benar menggoda untuk diselami. Nampak segerombol ikan koi dan ikan kecil. Di tengah kolam juga terdapat pohon yang menahan sinar matahari. Kedalaman kolam beragam mulai dari se lutut hingga 2m mungkin lebih.

Suasana Area River Tubbing
Konon katanya nama sumber maron diambil saat penemuan sumber air pertama yang menyembul menyerupai maron (tempat setengah lingkaran yang terbuat dari bambu) sehingga tercetuslah nama sumber maron.
suasana area sungai dengan arus yang tenang
Untuk ke wisata ini anda tidak dipungut biaya apapun, hanya biaya untuk mandi sebesar Rp. 5.000,- dan penitipan barang seharga Rp. 3.000,- serta parkir sebesar Rp. 2.000,- saja. Air yang sejuk ditambah hijau nya sawah tentu tak akan membuat anda menyesal untuk berkunjung kemari. Usai menikmati pedesaan dan keasrian Sumbr Maron kami memutuskan untuk segera pulang ke Malang Kota, saat itu pula tiba-tiba hujan deras mengguyur alhasil kami langsung mencari tempat berteduh di sebuah Warung Makan, tak lama pun kami langsung memesan menu yang disediakan. Di setiap perjalanan banyak jajanan yang dijual yang sedari tadi membuat kami penasaran, mereka menyebut itu jajanan "Sempol" , jajanan seperti pentol dengan olahan daging ayam yang dibalut telur yang dikocok lalu digoreng. Konon penjual Sempol yang paling ramai dan enak berada di dekat jembatan kecil saat kita akan menuju ke area river tubing.
Sekilas bagaimana bentuk jajanan "Sempol"
 Tertarik untuk berkunjung? Jangan lupa buang sampah pada tempatnya ya agar alam kita tidak rusak dan kotor sehingga generasi yang akan datang masih dapat menikmati sumber maron.
Sungainya memang kecil tapi jangan diragukan untuk arusnya sangat deras

Oh ya, sampai lupa ini saat suasana berada di arus River Tubbing
Salam siranselpena
Special thanks to dhewy dan dhesy

CP Untuk Camping Ceria:
Bagi yang ingin camping ceria berlatar sungai dan asrinya pedesaan bisa menghubungi :
Mas Udin ( 0856-0638-9048)
camping ceria dari mas udin bisa menyediakan catering untuk acara camping yang akan diadakan

Rute perjalanan :

dari arah malang kota menuju terminal dan pasar gadang, perempatan lampu merah terminal dan pasar gadang belok ke kanan, lurus sampai totokan belok ke kiru arah kepanjen, lurus saja sampai masuk kota kepanjen dan pasar besar kepanjen, perempatan lampu merah kepanjen belok kiri arah stadion kanjuruhan, lurus saja setelah melewati rel kereta stasiun kepanjen lampu merah belok kanan, lurus saja hingga pertigaan belok kiri, lurus saja sampai stadion kanjuruhan, lurus masuk gondanglegi, lurus saja sampai ada turunan tanjakan, di tanjakan itu ada masjid sebelah kiri, sebrang masjid ada gang masuk ada tulisan sumber maron .