Kesasar Sejarah di Candi Pamotan 1 dan 2

By SiRanselPena - 1:33 PM


Candi Pamotan I

Berulang kali berfikir

Bagaimana candi itu di buat

Arsitektur sejarah

Dan kemegahan syarat cerita

Saat itu Kami sedang berfikir, hal asik apa yang akan kami kerjakan pada liburan kali ini? Kita sangat suka sejarah, maupun candi, yah terpikir sudah tema hari ini, candi. Tapi candi sendiri letaknya jauh di daerah mojokerto, malang, ataupun yogyakarta. Melalui perbincangan dengan seorang teman, ternyata untuk susur candi tak perlu jauh dari kota Surabaya, kota tetangga pun menyuguhkan candi yang tak kalah cantik. Kota itu disebut kota udang atau Sidoarjo.
Seorang teman yang berbaik hati mau mengantar kami susur candi sekaligus menjadi guide kami hari itu. Namanya candi pamotan, letaknya di daerah porong, tepatnya di dusun pamotan. Melewati jalan baru yang terhubung ke tol Surabaya-Sidoarjo. Tempat candi itu bisa dibilang terpencil. Bagaimana tidak, kami harus nyasar hingga 5x untuk bisa menjumpai candi ini.
Jalanan yang kami susuri menuju Candi-candi di Kota Udang
Gps atau gunakan penduduk setempat sudah menunjukkan jalan yang benar, tetapi karena memang letak candi ini diapit oleh rumah warga dan tak adanya plang petunjuk jalan, jadilah kita nyasar. Ternyata benar, tulisan candi pamotan membelakangi kami dan candi tersebut berada di pekarangan rumah dan belakang rumah warga. Bertemu dengan Bapak pemilik rumah, kami berkenalan. Sempat bertanya sejarah tentang candi ini, tetapi si Bapak tidak mengetahui sejarah akan candi tersebut. Dia menemukan candi tsb secara tidak sengaja ketika tanah itu masih berupa kebun , adik Bapak sengaja menggali tanah karena sebelumnya Beliau menggali dan menemukan patung yang pada jaman itu di jual laku seharga jutaan rupiah. Dan waktu menggali dengan dalih mencari patung, akhirnya ditemukan candi tsb.
Pada waktu di laporkan ke dinas pariwisata, belum ada upaya untuk menggali, sehingga waktu itu Beliau menggali candi dan menyewa alat berat dengan modalnya sendiri, sayang penggalian belum dilanjutkan sehingga hanya tanpak setengah dari candi yang dikelilingi kolam tadahan air hujan.

Candi Pamotan I yang hanya di kelilingi pagar dan pekarangan warga sekitar
"Bapak sudah berkali-kali mendaftarkan candi pamotan dan meminta supaya di gali lebih dalam, tetapi belum ada tanggapan dari dinas terkait. Hanya dana santunan dari berapa banyak pengunjung yang datang saja. " Tutur Beliau
Tak kalah mirisnya dengan candi pamotan II, kata Bapak bentuknya dari dulu memang sudah seperti ini, hanya berbentuk tumpukan batu bata, dan ditengah kebun,pohon gayam dan pohon bambu.
"Kami juga tidak tahu soal cerita candi ini mas, mbak. Sesepuh tidak pernah cerita, hanya ngendikan (bertutur : red) kalau jangan bermain didekat situ, angker."
Candi Pamotan II
Lebih dekat dengan sisa reruntuhan Candi Pamotan II
Bila digali lebih dalam kata bapak masih ada batu bata besar di dalam, tapi warga tidak berani menggali lebih dalam. Ada patung yang diletakkan di atas candi juga dari dulu sudah diletakkan disitu, entah siapa.
Tidak ada sejarah yang kami dapat, hanya harapan Bapak pemerintah segera menetapkan candi Pamotan sebagai bagian dari pariwisata Sidoarjo dan dilakukan penelitian lebih lanjut agar tidak adanya buta sejarah dan generasi penerus tidak buta akan sejarah bangsanya sendiri. Semoga segera ada titik temu untuk candi candi yang berada di Sidoarjo ya kawan.
Letak Pintu Utama Candi Pamotan diantara rumah warga
Gerbang Utama Candi Pamotan
Big thanks to : mas Beni  aka  http://www.sijambrong.xyz/

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar