perayaan #Hut723Surabaya : parade bunga dan budaya

By SiRanselPena - 8:23 PM

Parade Budaya daan Bunga HUT Kota Surabaya ke-723

Tugu pahlawan awal mula
Siola, pasar genteng
Sampai sepanjang jalan tunjungan
Berakhir di balai kota Surabaya
Rangkaian Bunga yang terangkai dengan indah
Begitu kira-kira rute jalan yang akan dilewati parade bunga dan budaya yang diadakan dalam rangka memperingati hari jadi kota pahlawan ini. Pada bulan mei adalah hari special bagi Surabaya. Bagaimana tidak, beragam acara telah disusun dan siap memanjakan warga nya, diantaranya event tahunan ini. Yapp parade bunga dan budaya.
suasana parade Bunga
Parade ini dilakukan pada tengah bulan mei, yang saat ini jatuh pada tanggal 21 mei 2016 tepat minggu pagi pukul 08.00 wib - selesai. Start awal yaitu di tugu pahlawan, yang pembukaan nya dipimpin langsung oleh walikota kesayangan arek-arek surabaya yaitu ibu risma. Setelah itu berbagai mobil yang dihias dengan ribuan bunga, lengkap dengan ikon perwakilan masing-masing, dari mulai instansi pemerintah dan non pemerintah hingga universitas baik negeri maupun swasta turut meramaikan acara ini.
Tak hanya itu, mobil bunga ini juga mempunyai maskot yaitu para kakak yang berdandan sesuai dengan tema yang dihadirkan, seperti busana adat, barongsai, seragam TNI, busana keagamaan, hingga cosplay beberapa kartun jepang dan superhero meramaikan acara ini.
keramaian kota Surabaya saat Parade Budaya dan Bunga
Tak hanya berhenti pada arakan parade bunga, mata akan dimanjakan dengan teatrikal yang disuguhkan, seperti marchingband dengan tarian nya, pertunjukan reog Ponorogo, pecut jaran kepang, barongsai lengkap dengan leang leong (naga - red), perkumpulan sepeda kuno, tari remo, tari dari nusa tenggara, dan masih banyak lagi keseruannya dari berbagai penjuru Indonesia. Banyaknya budaya yang ditampilkan menunjukkan bahwa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan berbagai adat istiadatnya. Keren bukan.
Ribuan warga surabaya tumpah pada sekitar tugu pahlawan, siola, jalan tunjungan, embong malang, simpang dukuh, hingga balai kota beramai ramai memeriahkan acara parade bunga dan budaya ini.
Tak kalah banyak dari warga adalah sampahnya, banyak sampah yang tergeletak di pinggir dan tengah jalan. Jangan sedih. Pada akhir acara, truk sampah dan puluhan bapak menyapu bersih area yang dilewati parade ini dikawal bapak polisi. Sehingga dalam sekejap mata sampah berhasil ditangani dan surabaya kembali green and clean.
Rangkaian Bunga serta budaya yang menemani di kala matahari menyengat. 

Tahun depan jangan lewatkan parade ini ya guys, dijamin seru dan pecaah banget. Visit surabaya yukk. Jangan lupa buang sampah pada tempatnya ya, karena meskipun sudah ada pasukan pembasmi sampah, alangkah indahnya jika kesadaran membuang sampah sembarangan tumbuh sehingga meringankan beban pasukan pembasmi sampah. Salam RanselPena

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar