Ramalan dari Candi Pari

By SiRanselPena - 12:54 PM

Siang jadi mendung
Membumbung kelabu
Berkenalan dengan empunya
dan menerawang masa depanmu

Ajakan dari kak Ben10 http://www.sijambrong.com/ menjelajah candi di kota udang yang masih menyimpan aura cantiknya belum berakhir. kali ini sebuah candi yang bisa dibilang masih utuh dan terawat. Setelah bersepeda kurang lebih 15menit dari alun-alun Sidoarjo, sampailah kita pada pelataran candi. Terceletuk kalimat "waow" di awal pandangan pertama kami, karena memang bangunannya menjulang megah berdasar merah bata.
Setelah melakukan ritual resmi yaitu mengisi buku tamu pada pendopo, kami berkenalan dengan juru kunci , saya sampai lupa nama nya. Dan beliau dengan senang hati mau untuk menjelaskan sejarah candi pari.

Candi pari sendiri merupakan candi lanang dan di sebelah candi pari yaitu candi sumur merupakan candi perempuannya yang dahulu raja dan permaisuri nya menghilang di dalam candi. Di pelataran candi pari ada sebuah lorong yang menghubungkan kedua candi.
Hal yang membuat saya kagum dari sosok beliau adalah beliau mau melakoni profesi sebagai juru kunci.
Bagaimana tidak, setiap hari beliau dengan sabar menerima para tamu dan tak bosan untuk berbagi dan mengulang cerita yang sama. Hal yang aneh pun sudah terendus oleh si dee, dia sudah merasa si juru kunci tsb sedang membaca dirinya.

Dan tak pelak hal itu terjadi, saat di dalam candi beliau menatap dee dengan perasaan marah atau apa susah menjelaskan, dan beliau (entah itu beliau atau bukan karena asli tatapannya serem) meminta untuk ngobrol berdua dengan dee. Singkat cerita, si dee di ramal akan lelaki yang mendekati nya (ciee) dan juga tentang kehidupan.
Sungguh pengalaman yang lucu sekaligus mengena di hati. Keindahan dan kemegahan candi beserta ramalan misteriusnya. Kejutan apa lagi yang akan menanti kami? Jangan lupa simak kisah kami selanjut nya dan jangan buang sampah sembarangan ya agar kelak anak cucu kita dapat menikmati keindahannya, salam SiRanselPena.
sisi dekat candi pari


  • Share:

You Might Also Like

8 komentar

  1. Di candi sumur ada mbah2 yg bisa ditanyain ttg sejarah kedua candi itu kak :3

    BalasHapus
  2. diramal juga yaa...isi ramalannya apa? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehehhe iya kak, apa ya? hihihihih

      Hapus
  3. Gak sabar nunggu cerita selanjutnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak budy saya juga tunggu ceritanyaaaa

      Hapus
  4. sederhana namun megah dalam sejarah yaa candi ini. semoga bisa keliling candi ini deh
    salam kenal

    hanif insanwisata(dot)com

    BalasHapus