Pulau Gili Labak, Surga kecilnya Madura

By SiRanselPena - 12:26 PM

Langkah jauh yang terkenang
Merajut asa untuk berkembang
Saat surya mulai menyengat
Jiwa membara tersirat

Iseng-iseng berhadiah, saat itu salah satu dari kami di endorse utk jadi travel guide salah satu di kota surabaya , untuk berangkat ke pulau Gili Labak. Yap seneng pastilaaah tapi ada yg kurang salah satu dari siranselpena ga kebagian endorse nih.
Jangan khawatir kami bukan manusia yang gila endorse, walaupun cuman 1 tetap duo siranselpena akan berangkat, kemanakah itu? Udah pada ga asing lah surganya Madura salah satunya Pulau Gili Labak yang sekarang sudah mulai rame selain icon jembatan suramadu yang terkenal.
Pulau Gili Labak salah satu objek wisata yang cukup menarik untuk kita lestarikan bukan hanya kita nikmati pesona pantai serta alam yang disuguhkan.
Pulau Gili labak ini juga disebut layaknya pantai2 yang berada di Lombok, pulau ini menjadi salah satu pusat daya tarik wisata , kecantikan serta keindahan pulau ini tidak diragukan lagi.
keindahan nemo2 kecil dibawah laut, hanya sayang sekali banyak karang yang sudah mati #saveterumbukarang
Saat kami diberikan kesempatan untuk berkunjung di pulau ini di tahun 2015, mungkin sharing ini terlalu lama, tetapi di tulisan ini kami bermaksud menginformasikan jangan hanya kita melulu menikmati objek wisata, tapi cobalah kita juga menjaga obyek wisata itu kalau bukan kita yang menjaga lalu siapa? Siapa yang bisa memberikan keindahan serta ilmu untuk anak cucu kita?.
Gili Labak kala itu sudah ramai, yang membuat kami trenyuh banyak wisatawan atau travel yang kurang peduli akan sampah yang mereka bawa, serta travel -travel yang tidak mengajarkan dengan baik bagaimana cara bersnokling agar tidak merusak terumbu karang.

Perjalanan surabaya ke Talango pun memakan waktu kurang lebih  4 jam,kami sampai talango sekitar jam 04.00 subuh yap kami menuju gili labak untuk melewati via talango dengan kapal besar kayu kuno yang menghantarkan kami untuk kesana. Oh ya fyi guys, perjalanan menuju pulau ini bisa lewat 4 jalur tapi yang kami tahu hny via pelabuhan kalianget dan talango. setelah kami sampai di suatu desa sebrang, kami bersiap memakai jaket snorkling untuk keamanan kami, karena setelah ini perjalanan kami ke pulau gili labak  dihantarkan oleh perahu kayu dengan mesin diesel, kami berjalan melewati rumah rumah penduduk serta karang karang laut karena saat itu laut sedang surut, kami terhalang untuk tidak berangkat karena perahu terhambat bebatuan, hampir 1 jam kami berdiri di sekitaran karang karang laut , dengan disuguhi matahari yang menyengat akhirnyaaaa horeeeee kami pun bisa berangkat, eits jangan bahagia dulu, di tengah2 perjalanan kami yang diombang ambing oleh laut pada akhirnya si kak okta merasa mabuk laut dan kami pun tumbang tertidur di atas perahu.
saat perahu tersangkut karang.
Perjalanan ini membutuhkan waktu hampir terombang ambing 1 jam di tengah2 laut, saat itu pulau kecil pun makin nampak, dan saatnya kami mengelilingi pulau ini. Penduduk setempat pun menyambut dengan ramah, sudah banyak warung makan yang berdiri di setiap pulau ini. Yang tak pernah terlupakan adalah keasrian,kesejukan dan keramahan warga setempat. Yuk mari saat kita jalan2 jangan cuman mau menikmati setidaknya kita menjaga kelestarian sekecil apapun itu akan bermakna untuk generasi kita kelak, kalau bukan kita yang melestarikan dan menjaga lalu siapa lagi.
saat kebersamaan yang telah terjalin

Beberapa perahu yang sedang berlabuh


Keceriaan orang-orang walau tersengat teriknya surya

tempat-tempat yang bisa kita buat meneduh saat menyengat
Sembunyi dalamm Hammock


Terima kasih sudah disempatkam menilik blog sederhana kami.
Salam,
SiRanselPena

  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. gili labak boleh buat camping kah?
    pemandangan bawah lautnya bagus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya boleh kak, kami disitu only one day trip. bagus kak, tapi sayang banyak terumbu karang yang mati (terakhir kesana 2015) mudah2an sekarang ada yang rawat

      Hapus
  2. kak sedikit saran, coba fotonya digedein dikit biar lebih jelas hehehe

    BalasHapus
  3. Aku harus kesana nanti saat mudik ke gresik ... anterin yaaa ahahahaha

    BalasHapus