Kisah 1001 Candi : Tak Sengaja Berjumpa Candi Banyunibo

By SiRanselPena - 12:31 PM

Pada terik kesekian
dan pada persimpangan jalan itu
aku menemukanmu
dengan gagah berdiri seolah memanggil
dan ingin diselami lebih dalam
Sisi Megah Candi Banyunibo
Pada belokan ke sekian, dan arahan dari warga entah berapa banyak, kami tak kunjung menemukan candi Barong. Karena menurut mas ichang, ada jalan tembus menuju candi tsb. Terik semakin di ubun-ubun, tak kunjung terlihat plakat bertuliskan "candi barong", dan kami mulai uring uringan. Bak melihat telaga di tengah gurun, plakat bertuliskan "candi" membuat lonjakan emosi haru dan terbahak, eitss bukan candi barong melainkan candi banyunibo?mas ichang pun menwarkan obat mujarab berupa mampir ke candi banyunibo, "tapi tak masuk dalam list candi kita lho" celetuknya. Wong dasarnya kita penggila candi, masuki saja ngga ada salahnya mampir. Sempat gentar karena HTM nya ngebuat dompet meringisss, eh ternyata gratisssss pucuk dicinta ulam tiba hehehe.
Saat kau mengintip dari sudut lain pada sisi Candi Banyunibo
Candi banyunibo merupakan candi budha yang letaknya tidak terlalu jauh dari Candi Ratu Boko, Candi Barong, dan Candi Ijo. Pada saat kami mengunjunginya, Candi Banyunibo masih melakukan peremajaan di sana sini, hanya ada kami dan beberapa pengunjung saja waktu itu. di samping candi pun masih terdapat tanah lapang dan sawah.
Hamparan sawah luas yang berada di sekeliling Candi Banyunibo

Pintu Utama Candi Banyunibo

Yang kami heran kan, pada bagian dalam candi, tidak terdapat arca yang umumnya diletakkan di dalam. Tapi tetap tidak menyurutkan niat kami untuk menikmati sentuhan nya. Candi Banyunibo dalam bahasa jawa berarti air yang jatuh menetes, dikisahkan karena dahulu kala terdapat sumber air di sekitar candi ini.
Bongkahan di sederet candi yang telah runtuh dan tertata apik
Sisi lain Candi Banyunibo
Sisi keunikan Candi Banyunibo yang didalamnya tidak terdapat arca
Tak ada salahnya untuk bercengkrama lebih dalam dengan Candi Banyunibo Guys. Selain lebih mencintai sejarah Indonesia, juga bisa mengenal lebih jauh potensi wisata budaya yang ada di Indonesia.  
-salam Siranselpena-

Peta Lokasi Candi banyunibo

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. wah menarik, sebuah candi budha ty ada di tengah2 candi hindu! lanjutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak g jd trip bareng t? hihihihihihihi

      Hapus