[Potret] Kisah Gedung Setan yang menyimpan sejarah pada Etnis Tionghoa

By SiRanselPena - 8:54 AM

gelap tanpa kata 
terang tanpa tiada 
saat semua beradu dalam bongkahan 
waktu melodi yang mengikis melantun kan alunan
Melihat sisi lebih dekat Gedung Setan
Siang itu bersama Surabaya Historical kami menyusuri sebuah bangunan kuno di bilangan dekat dengan Pasar burung kupang Surabaya. Namanya tentu tidak asing lagi ditelinga, yapp Gedung Setan kami mengenalnya,  dari namanya memang agak ngeri yaa, eitss tapi jangan berfikir kalau didalam gedung ini terdapat setannya yaa. Jauh dari ekspektasi, ternyata gedung ini menjadi semacam apartemen bagi etnis tionghoa. 
Gedung tua yang bertengger  ini  masih acapkali  disebut -sebut gedung angker  karena  nama  yang terdengar gedung  setan, tentunya  setiap  orang  awam  yang  tak  tahu menahu  sejarah gedung ini pasti  menyetujui  tentang  angkernya gedung  ini.
Mengintip kota Surabaya dari sudut jendela Gedung Setan
Kunjungan kami kala itu langsung di temani langsung oleh ketua di gedung setan yaitu bapak Sutikno, nah ada cerita unik, pemilihan ketua RT atau RW ini harus seimbang, mengapa?? karena pemilihan  RT dan RW harus orang etnis Tionghoa dan jawa, mengapa? Karena kekeluargaan etnis tionghoa dan penduduk jawa sekitar sangat kental sehingga masyarakat tionghoa dan jawa sepakat apabila ada pemilihan RT dan RW dari keduanya harus mengambil dari Tionghoa dan Jawa. Seketika itu juga Pak Sutikno selaku penanggung jawab dari gedung setan menceritakan kisah dalam gedung setan ini. Dulu kala gedung setan ini adalah kantor Gubernur VOC perwakilan Jawa Timur yang dipmpin oleh Mr. Van Rudolf . Kantor gubernur VOC ini dialihkan ke seorang dokter etnis tionghoa (tidak ada yang tahu tepatnya di tahun berapa, kemungkinan sebelum tahun 1948), nah nama Gedung Setan ini bukan karena gedungnya angker, tetapi nama tersebut adalah nama dokter china yang sah memiliki kepemilikan gedung tsb nama dokter tersebut adalah dokter Teng Su Hwi nah mungkin karena logat orang jawa susah jadi kesebutnya malah setan. Menurut pak Sutikno selaku ketua RT dari Gedung setan hingga saat ini banyak orang berlalu lalang berdatangan memperebutkan dan mengakui kepemilikan gedung setan.
Sisi atap kokoh gedung Setan yang masih seperti dulu, konon kayu-kayu yang dipakai ini sangat kokoh dan tebal, sehingga pondasi Gedung ini kuat
Penghuni di Gedung setan ini pun turun temurun dari etnias tionghoa, ada beberapa sanak saudara juga yang merantau ke luar kota. Selain itu keunikan lainnya digedung ini sama sekali tidak pernah dirubah dari segi bangunan semua masih asli dari berdirinya, kayu-kayu sebagai penyanggah atau pemersatu atap atau lantai pun asli dari kayu jati dengan ketebalan dan kualitas yang terbaik dan di suatu sudut belakang area bawah gedung setan terdapat ukiran atau pahatan bertuliskan bahasa China, akan tetapi banyak arkeolog yang datang berduyun-duyun dari nasional maupun international dalam tujuan mengartikan makna dari tulisan yang terpahat ditembok, hasil pun nihil hingga saat ini belum ada yang dapat memecahkan arti tulisan tsb.
Tulisan China yang banyak orang meneliti belum bisa memecahkan apa arti dari tulisa tsb.
 yuk bagi kalian yang mau blusukan atau lebih mengenal sejarah kota surabaya bisa sesekali gabung dengan Surabaya Historical, suatu wadah bagi teman-teman yang tidak hanya mencintai akan tetapi melestarikan kebudayaan serta sejarah yangg ada di kota Surabaya.Maafkan foto pun terbatas, next time yuk kita kenali lebih dekat Gedung Setan yang legendaris di Surabaya.

Ps: Jangan lupa lestarikan dan mulai kita kenali sejarah yang ada disekitar kita


Salam SiRanSelPena.


Lokasi Gedung Setan

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar